Foto Makam Imam Ja’far Ash-Shadiq Terungkap!

Di saat peringatan syahidnya Imam Jafar Ash-Shadiq as., gambar kuno dari makam besar Imam Ja’far di Madinah terungkap. Dalam peringatan yang diadakan di Ahlul Bayt World Assembly di Tehran, dokumen visual tertua penghancuran makam empat imam ahlulbait yang baru ditemukan di Turki dipublikasikan

Foto ini milik wakil Haramain Asy-Syarifain pada masa kekuasaan Utsmaniah (Ottoman) dan makam dari empat imam ahlulbait memiliki kubah dan dinding tinggi (istana). Pekuburan Jannatul Baqi berada di dekat masjid dan rumah Nabi Muhammad saw.

Orang pertama yang dimakamkan di Jannatul Baqi atas perintah Nabi adalah Utsman bin Mazun, yang merupakan sahabat Nabi saw dan pembela Imam Ali as. Baru kemudian beberapa syuhada Perang Uhud dikuburkan di sana dan menambah kemuliaan tempat tersebut.

Syiah ahlubait menghormati pemakaman ini karena di sana dimakamkan jasad suci, termasuk empat imam: Imam Hasan bin Ali, Imam Ali Zainal Abidin, Imam Muhammad Al-Baqir, dan Imam Jafar Ash-Shadiq as., bersama juga makam Fatimah binti Asad (ibu Imam Ali as), dan makam Ummul Banin (istri Imam Ali as.) dan Ismail putra Imam Jafar as.

Bait Al-Ahzan (Rumah Kesedihan) tempat di mana Sayidah Fatimah menangis dan bersedih atas kepergian ayahnya (Nabi Muhammad) dan tempat di mana kezaliman ditimpakan kepadanya dan suaminya juga berada di tempat tersebut.

Ketika kekuasaan Utsmaniah (Ottoman) menjadi lemah karena penaklukan oleh Wahabi yang menguasai Hijaz dan mendominasi Madinah. Pada 8 Syawal 1343 H kaum Wahabi menghancurkan kubah dan makam dari empat Imam tersebut. Mereka bahkan hendak menodai makam Nabi saw., namun karena beberapa alasan mereka tidak bisa melakukannya. Ketika keluarga Saud mempunyai kekuasaan beberapa pembatasan dilakukan bagi para peziarah dari makam suci tersebut tetap berlangsung hingga sekarang.

Saat ini para peziarah yang mencari tempat ini akan berhadapan dengan orang-orang yang mencaci-maki para peziarah. Mereka bahkan menyangkal keberadaan makam para Imam di tempat ini! Dokumen yang ditemukan ini merupakan bukti kuat keberadaannya.

Hari ini 25 Syawal 1430 H bertepatan dengan 14 Oktober 2009 merupakan hari syahadah (kematian) Imam Jafar Ash-Shadiq as.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s